News  

Kepala BNN RI Terima Gelar Kehormatan dari Kesultanan Ternate

Sultan Ternate, Hidayatullah Sjah, menyematkan lastar ke kepala Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose. Foto: Nurkholis Lamaau/cermat

Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Komjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose menerima gelar kehormatan dari Kesultanan Ternate, yaitu Kapita La Malaha.

Pemberian gelar dilakukan langsung oleh Sultan Ternate, Hidayatullah Sjah, dan disaksikan sejumlah perangkat adat di ruang utama Kedaton, Selasa, 13 Juni 2023.

Sultan Hidayatullah mengatakan, gelar Kapita dalam bahasa Ternate adalah panglima perang. Sedangkan La berarti supaya. Ma, singkatan dari kata madadi yang berarti menjadi, dan Laha adalah baik.

“Maka Kapita La Malaha bermakna panglima yang mampu menjadikan Indonesia, khususnya Maluku Utara, menjadi masyarakat yang lebih baik, yaitu hidup sehat tanpa Narkoba,” ujarnya.

Sementara, Komjen Petrus Golose, menuturkan pemberian gelar kehormatan ini didasari suksesnya program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika (P4GN).

“Dengan strategi war on drugs atau perang melawan narkoba dengan empat pendekatan, yaitu upaya pencegahan dan rehabilitasi, pemberantasan, pendekatan menggunakan teknologi informasi, dan kerja sama,” terangnya.

________

Penulis: Nurkholis Lamaau

Baca Juga:  Anak Adat Tidore soal Otsus Malut: Ini Agenda Besar, Wajib Didukung