News  

Massa Sampaikan Nasib Warga Lewat Aksi pada Mubes Fagogoru

Salah satu pria berteriak “Pukul dorang (massa aksi)

Massa aksi yang tergabung dalam SEKA sampaikan nasib warga dan kondisi ruang hidup Halmahera Tengah lewat aksi di depan Duafa Center, Gamalama, Ternate, Maluku Utara, saat pembukaan Mubes Fagogoru ke-5. Jumat, 06 Oktober 2023. Foto: Fahmi Basah/cermat

Massa aksi yang tergabung dalam Koalisi Save Sagea (SEKA) sampaikan nasib warga dan kondisi ruang hidup Halmahera Tengah lewat aksi di depan Duafa Center, Gamalama, Ternate, Maluku Utara, saat pembukaan Musyawarah Besar (Mubes) Fagogoru ke-5. Jumat, 06 Oktober 2023.

Massa aksi tersebut adalah mahasiswa dari berbagai kampus maupun pemuda kampung. Pantauan cermat, massa aksi tersebut membentangkan sejumlah spanduk yang bertuliskan, ‘Save Sagea” ada juga ‘Selamatkan Goa Bokimaruru”.

Tak hanya itu, ada pula spanduk lain yang bertuliskan ‘Fagogoru berduka, usut tuntas pembunuhan di hutan patani”.

Usai membentangkan spanduk, masa aksi perlahan memasuki ke arena musyawarah untuk bertemu dengan Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba juga PJ Bupati Halmahera Tengah, Ikram M Sangadji.

Namun, upaya tersebut dihadang olah pihak panitia musyawarah Fagogoru. Aksi saling dorong tak terhindarkan. Sepat terliat ada yang adu jodos. Kedua belapihak dipastikan ada yang mengalami cedera ringan.

Terlihat, ada salah satu pria berteriak “Pukul dorang (massa aksi)” dengan lantang. Salah satu orator, ketika mendengar itu pun menyampaikan bahwa mereka datang ke sini tidak untuk membuat kacau. “Kami ke sini bukan untuk buat kacau”.

Tak berselang lama, masa aksi kemudian mendapati Gubernur Malut yang ingin meninggalkan lokasi musyawarah, ini kemudian dimanfaatkan oleh masa aksi untuk bertemu dengan Gubernur.

Namun, sopir dari Gubernur langsung tancap gas untuk menghidari massa aksi, dari kejadian tersebut mobil dari Gubernur sempat dilempari oleh masa aksi menggunakan kursi plastik juga batu.

Jurnalis: Muhammad Ilham Yahya (Cak Amat)
Editor: Faris Bobero

Baca Juga:  2 Anggota DPRD Fraksi PKB Kembali Absen, Janlis: Kita Akan Minta Klarifikasi