News  

Nakhoda Kapal LCT Bahana Putra Ditemukan Meninggal Dunia

Kepala Basarnas Ternate Fatur Rahman mengkonfirmasi penemuan jasad Nahkoda Kapal Bahana Putra di Perairan Loloda, Halmahera Utara. Foto: Basarnas Ternate

Nakhoda Kapal LCT Bahana Putra GT 302 ditemukan meninggal dunia di Perairan Desa Igo, Loloda Utara, Halmahera Utara, Maluku Utara, pada Kamis pagi, 22 Juni 2023.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman, mengatakan Tim SAR telah menerima informasi bahwa korban yang ditemukan merupakan Nahkoda Kapal Bahana Putra yang tenggelam di Perairan Batang Dua, Kota Ternate.

“Pada pencarian hari keempat ini, korban ditemukan pada pukul 07.00 dalam keadaan menggelengtang kurang lebih satu mil dari Pulau Igo, dalam keadaan meninggal,” kata Fathur, dalam siaran pers yang dikutip cermat.

Baca Juga: Pencarian 2 Korban Kapal Tenggelam di Perairan Ternate Masih Nihil

Menurut Fathur, hasil identifikasi yang dilakukan bersama keluarga korban menunjukkan bahwa identitas korban adalah Nahkoda Kapal LCT Bahana Putra.

“Dengan begitu, korban langsung dievakuasi ke Tobelo selanjutnya akan dibawa ke keluarganya di Ternate,” ujarnya.

“Setelah ditemukan satu korban, maka operasi akan berlanjut pada pencarian korban lainnya yang masih belum ditemukan,” tambah Fathur.

Baca Juga: Kapal LCT Bahana Putra Tenggelam di Perairan Batang Dua, Ternate: 2 Orang Hilang

Ia menyebut bahwa metode operasi pencarian dilakukan dengan menyisir area permukaan laut dan melakukan penyelaman.

“Tim masih akan melakukan penyisiran dan penyelaman untuk mencari satu lagi korban Kapal Bahana Putra yang hilang. Ini sesuai dengan rencana operasi awal,” pungkasnya.

 

Baca Juga:  Saatnya Ternate Jadi Kota Ramah HAM