News  

Sempat Hilang, Nelayan Halmahera Selatan Ditemukan Meninggal

Pencarian terhadap korban. Foto: Istimewa

Seorang nelayan bernama Robi Buka (45) asal Desa Babang, Bacan Timur, Halmahera Selatan, Maluku Utara dilaporkan menghilang usai terjatuh dari perahu sampannya.

Robi akhirnya ditemukan meninggal dunia pada hari kedua operasi pencarian oleh Tim Sar Gabungan.

Laporan kehilangan ini sebelumnya disampaikan Danpos Polairud Bacan Selatan, pada Kamis 21 Desember 2023, sekitar pukul 16.20 WIT ke basarnas setempat.

Robi mulanya berpamitan ke istri untuk keluar memancing di sekitar perairan desa Sayoang. Namun, hingga kini keberadaannya belum ditemukan.

Sebelumya, telah dilaksanakan pencarian oleh masyarakat dan personel Polair Markas Unit Bacan KP 1010 melaksanakan pencarian namun ditemukan perahunya saja.

Kepala Kantor Basarnas Ternate Fathur Rahman mengatakan, korban ditemukan saat pencarian hari kedua berlangsung sekitar satu jam lebih.

“Kurang lebih 1 jam melakukan pencarian, pada pukul 08.30 WIT, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan MD di koordinat jarak 11 Nm dari titik duga radian 245° dan selanjutnya dievakuasi dengan menggunakan Basarnas ke posko,” kata Fathur, Jumat, 22 Desember 2023.

Ia bilang, korban pun dibawa menuju RS terdekat untuk diidentifikasi lebih lanjut.

“Pukul 09.00 WIT, ambulans tiba di RS dan tim SAR Gabungan menyerahkan korban kepada pihak keluarga,” pungkasnya.

Dengan telah ditemukannya korban dalam keadaan meninggal dunia, kata dia, maka operasi SAR dinyatakan selesai.

———

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Miris! 9 Tahun SMP Bido Morotai Tak Punya Gedung Sekolah: Kami Numpang Belajar