Panen Cabai, Lanal Morotai Komitmen Wujudkan Kemandirian Pangan

Panen raya ini merupakan komitmen mewujudkan kemandirian pangan. Foto: Aswan/cermat

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pulau Morotai, Maluku Utara menggelar panen raya cabai pada Rabu, 10 Juli 2024. Panen raya ini merupakan komitmen mewujudkan kemandirian pangan.

Kegiatan yang berlokasi di lahan ketahanan pangan ini dipimpinan langsung oleh Kepala Staf TNI AL yang diwakili oleh Wakil Kepala Staf TNI AL (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma.

Baca Juga:  DPMPTSP Ternate Sosialisasikan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko

Danlanal Morotai, Letkol Laut (P) Mukawat Kamarudin dalam kesempatan itu mengatakan, program Ketahanan Pangan TNI Angkatan Laut adalah bagian dari upaya Kementerian Pertanian RI dalam memastikan pasokan pangan bagi anggota TNI Angkatan Laut dan masyarakat.

“Jadi program juga mencakup berbagai kegiatan seperti pengembangan pertanian di wilayah maritim, peningkatan ketersediaan pangan yang bergizi, dan pembinaan ketahanan pangan secara menyeluruh,” kata Mukawat.

Baca Juga:  Pengusaha Akui Tebus 2 Unit Motor di Halteng dari Debt Collector

Menurut Mukawat, sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dikaruniai potensi sumber daya alam dan maritim yang melimpah.

“Kekayaan tersebut dapat menghasilkan sumber daya pangan yang melimpah untuk mewujudkan ketahanan bagi seluruh rakyat Indonesia yang meliputi aspek geografi, demografi, kondisi sosial maupun sumber daya nasional,” ujarnya.

Ia menyebut TNI AL terus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan nasional sebagai wujud Indonesia maju berdaulat mandiri dan berkepribadian.

Baca Juga:  Sediakan Air Bersih untuk Warga Weda, PT WBN Bangun WTP

“Program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh TNI AL merupakan program yang mendukung pemerintah dalam menangani kasus ketahanan pangan yang terjadi di Indonesia, sehingga diharapkan agar kerjasama pemerintah dan TNI AL dapat terus berjalan dengan penuh sinergitas, begitu juga kerjasama TNI AL dan pemerintah di bidang yang lain,” ujarnya.