News  

Panwascam Halmahera Selatan Diminta Kerja Ekstra Jelang Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Halmahera Selatan Rais Kahar. Foto: Istimewa

Ketua Bawaslu Halmahera Selatan Rais Kahar meminta seluruh anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) bekerja ekstra jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Hal itu disampaikan Rais Kahar dalam Bimtek pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih di Hotel Buana Lipu, Kecamatan Bacan Selatan, Senin, 24 Juni 2024.

Rais mengatakan pencocokan dan penelitan (coklit) data pemilih yang digelar KPU merupakan agenda penting yang patut diawasi secara ketat dikarenakan proses coklit yang tidak dilaksanakan secara akurat dapat berimbas pada penetapan daftar pemilih tetap (DPT) hingga pencoblosan di TPS.

“Saya meminta kepada seluruh jajaran di kecamatan dalam hal ini Panwascam dan PKD harus bekerja ekstra. Bawaslu dalam posisi ini adalah melakukan pengawasan,” ucapnya.

Dia juga mengajak masyarakat Halmahera Selatan turut berpartisipasi dalam pelaksanaan coklit agar hak konstitusi mereka dapat tersalurkan dalam perhelatan Pilkada nanti.

“Pilkada ataupun Pemilu ini menjadi tanggungjawab kita semua, sehingga lapisan masyarakat harus berpartisipasi karena mulai besok KPU sudah laksanakan coklit,” ujarnya.

Rais mengungkapkan DPT Halmahera Selatan dalam Pemilihan Legislatif, pada 14 Februari 2024, tercatat sebanyak 193.599. Sementara daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4), sebanyak 180.301.

Jumlah ini tentu berkurang dari DPT karena pada Pemilu lalu, ada beberapa TPS khusus. “Di Pemlu itu kan warga ber-KTP di luar juga bisa memilih karena ada Pilpres. Nah di Pilkada ini, yang wajib memilih hanya warga ber-KTP Halmahera Selatan,” tutupnya.

Baca Juga:  Seorang Anak di Kota Ternate Dilaporkan 5 Hari Hilang