News  

Pemda Taliabu Tertibkan Bangunan Warga yang Lewati Badan Jalan

Pemda Taliabu saat memberi imbauan kepada warga untuk menata kembali bangunan mereka yang melampaui badan jalan. Foto: La Ode Hizrat Kasim/cermat

Pemerintah Daerah Pulau Taliabu, Maluku Utara, menggelar operasi dan penataan bangunan warga yang melewati badan jalan di Kota Bobong.

Sekda Pulau Taliabu, Salim Ganiru mengatakan bahwa penataan tersebut bertujuan agar wajah Kota Bobong tidak terlihat semrawut.

“Nanti baru dilakukan pembongkaran. Kami harapkan pembongkaran itu dilakukan oleh pemilik bangunan,” kata Salim kepada cermat, Selasa, 8 Agustus 2023.

Kendati begitu, Salim bilang, pemda masih memberikan kesempatan agar pemilik bangunan melakukan penataan kembali.

“Kalau mereka tidak mempunyai kesadaran untuk ditertibkan, maka kami lakukan pembongkaran secara paksa melalui Satpol-PP,” tegasnya.

Apa lagi, kata Salim, dalam penyambutan HUT RI ke-78 ini, sudah seharusnya wajah Kota Bobong nampak terlihat.

“Nanti ada ketentuan soal penertiban dan menunggu sosialisasi, selebihnya akan ditindak sesuai peraturan daerah,” ujarnya.

“Daerah ini baru berkembang. Jadi, kami harus menata pembangunan warga yang melampaui batas lahan dan memakan separuh badan jalan. Kalau tidak dibatasi pasti pembangunannya tidak teratur,” tandasnya.

————–

Penulis: La Ode Hizrat Kasim

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  BPN dan Pemda Halmahera Utara Gelar Sidang GTRA