News  

Pemkot Ternate Bergejolak, Pintu Kantor Sekda Jadi Sasaran Aksi Vandalisme

Pintu ruangan Sekretaris Daerah Kota Ternate dicoret oleh orang tak dikenal. Foto: Istimewa

Internal Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, bergejolak. Pintu ruangan Sekretaris Daerah, Jusuf Sunya, dicoret orang tak dikenal.

Coretan itu tertulis ganti sekot dalam kegaduan pemkot. Kabarnya, aksi vandalisme tersebut terjadi pada Selasa, 13 Juni 2023 dini hari.

Pelaku diduga orang dekat Wali Kota M. Tauhid Soleman. Belakangan ini, wacana pergantian Sekda terus mencuat ke publik.

Tulisan itu sudah dihapus oleh beberapa staf sekitar pukul 08.24 WIT setelah apel pagi. Sekda sendiri tak berada di Ternate.

“Saya juga baru dapat kiriman foto tadi pagi,” ucap Jusuf kepada wartawan. Saat ini Jusuf berada di Ambon menghadiri Diklat PIM 3.

Ia mengaku telah melaporkan peristiwa tersebut ke Polres Ternate. “Biar pihak kepolisian yang bekerja soal ini,” ucapnya.

Salah satu staf sekretariat yang menolak namanya disebut, menanyakan kinerja petugas Satpol PP yang sedang piket di pos jaga.

“Masak Satpol PP kebobolan di kantor wali kota. Harusnya kan mereka tahu siapa saja yang keluar masuk kantor,” ucap staf tersebut.

Terpisah, Kapolres Ternate, AKBP Andik Purnomo Sigit, ketika dikonfirmasi lewat telepon mengaku sudah menerima informasi tersebut.

“Saya dapat pesan WhatsApp dari Pak Sekda. Yang jelas bila ada laporan resmi, maka akan kami tindaklanjuti,” tegas Andik.

________

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor : Nurkholis Lamaau