News  

Ratusan Jemaah Haji Kepulauan Sula Kembali ke Indonesia, 2 Orang Sempat Sakit

Jemaah haji Kepulauan Sula. Foto: Istimewa

Sebanyak 117 jemaah haji asal Kepulauan Sula, Maluku Utara, kini telah kembali ke tanah air dengan selamat. Dua di antara jemaah itu dikabarkan sempat sakit.

Kepala Bagian Kesra Kepulauan Sula Idham Umamit menyebut dari 117 jemaah haji, hanya 92 yang kembali ke Kepulauan Sula, sementara 25 lainnya kembali ke daerah kelahiran mereka.

“Ada 6 jemaah haji yang turun di Makassar, sementara 19 jemaah lainnya turun di Kota Ternate,” kata dia.

Ia bilang 25 jamaah haji yang tidak melanjutkan perjalanan ke Kepulauan Sula dikarenakan telah berdomisili di Makassar dan Ternate.

“Tapi mereka juga punya rumah dan usaha di Sula dan nantinya mereka balik juga ke Sula,” jelasnya.

Setibanya jemaah haji di kota daeng itu, kata Idham, ada dua orang jemaah haji asal Sula sempat dilarikan ke klinik asrama haji karena dikabarkan sakit.

“Mereka sakit, karena kecapean. Indikasinya, dikarenakan duduknya terlalu lama. Ditaksirkan, dengan tujuan Jedda ke Makassar itu sekitar 12 jam. Dan dia jemaah haji tersebut sudah lansia,” ujarnya.

Tak begitu lama, Idham menyebut, berselang satu jam kemudian, dua jemaah haji tersebut dikabarkan pulih dari klinik asrama haji Makassar.

“Alhamdulillah, mereka sudah ikut berlayar dan kembalik pulang ke Kepulauan Sula bersama rombongan saat ini,” ucapnya.

Baginya, kuota jamaah haji asal Kepulauan Sula ke depannya dapat bertambah lagi. Sebab, masa antrean jamaah haji ini cukup lama.

“Kurang lebih, durasi antrean jamaah haji ini sekitar 13 sampai 15 tahun masa tunggunya. Terhitung dari masa pendaftaran,” tutupnya.

Baca Juga:  Kepulauan Sula Target Pelaksanaan PIN Polio 2024 Capai 95 Persen