News  

Rumah Warga di Pulau Morotai Terdampak Banjir, BPBD: Totalnya 244

Rumah warga di tiga kecamatan di Pulau Morotai terdampak banjir sejak Rabu, 26 Juni 2024. BPBD menyebut ada sekitar 244 total rumah yang terdampak. Foto: Istimewa

Ratusan rumah milik warga di Pulau Morotai, Maluku Utara terdampak banjir akibat intensitas curah hujan tinggi pada pekan ini. Banjir juga disebabkan oleh meluapnya beberapa sungai dan drainase di wilayah setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Morotai Muslim Jumati mengatakan, banjir tersebut terjadi di tiga kecamatan, dengan tinggi mencapai 50-70 cm.

“Kecamatan Morotai Selatan banjirnya di Desa Sabala, Morotai Timur di Desa Sangowo Induk, Desa Sangowo Barat, Desa Rahmat Dusun Bakulu, Desa Wewemo dan Desa Gosoma Maluku. Sementara di Kecamatan Morotai Utara banjir terjadi di Desa Yao,” kata Muslim kepada cermat, Kamis, 27 Juni 2024.

Baca Juga:  Agustus, RAPBD Perubahan dan APBD Induk 2023 Kota Ternate Disahkan

Muslim menyebut, BPBD mencatat total rumah terdampak di tiga kecamatan itu sebanyak 244 dengan jumlah jiwa sekitar 1.151.

Selanjutnya Muslim mengatakan pihaknya telah melakukan monitoring bersama instansi terkait guna merampungkan data korban terdampak.

Desa Sabala Kecamatan Morotai Selatan terdapat 26 rumah 109 jiwa, Sangowo Induk 57 rumah 257 jiwa, Desa Sangowo Barat 20 rumah 94 jiwa, Desa Rahmat Dusun Bakulu 14 rumah 61 jiwa.

Baca Juga:  Ugal-ugalan Tambang Merusak Hutan Halmahera

Kemudian Desa Wewemo 32 rumah 133 jiwa, Desa Gosoma Maluku 34 195 jiwa itu di Kecamatan Morotai Timur, sedangkan di Desa Yao Kecamatan Morotai Utara 61 rumah 307 jiwa,” jelasnya

“Sementara rumah warga yang tergenang banjir paling parah terdapat di Desa Yao Kecamatan Morotai Utara sebanyak 61 rumah 307 jiwa dan 1 fasilitas umum yakni Puskesmas tergenang air.

Kemudian Desa Sangowo Induk Kecamatan Morotai Timur 57 rumah 252 jiwa bersama 2 fasilitas umum yakni sekolah MA dan MTS Negeri II.

Baca Juga:  Peringati HUT Adhayaksa, Jaksa di Malut Ziarah Makam Pahlawan Banau

“Untuk rumah maupun fasilitas umum tidak ada yang rusak dan bahkan tidak ada korban jiwa baik luka ringan maupun berat dalam peristiwa banjir ini,” tutup Muslim.