News  

Soal Uang Ijazah Siswi SMP di Ternate, Pihak Sekolah Membantah

Kepala Sekolah SMP N Muhammadiyah 1 Kota Ternate, Taib Jen. Foto: Istimewa

Pihak sekolah SMP Negeri Muhammadiya 1 Kota Ternate membantah adanya tunggakan uang pengambilan ijazah salah seorang siswi bernama Suci Angriani Samad.

Sebelumnya, akun TiTok @Nur196_6 menggunggah video yang memperlihatkan seorang Suci tengah menangis lantaran tak mampu membayar uang ijazah tersebut.

Video berdurasi 13 detik itu lantas menyita perhatian khalayak luas dan warganet, pada Senin, 17 Juli 2023. Video tersebut dapat dilihat di tautan ini: https://www.tiktok.com/t/ZSLadQmgJ/

Mengenai hal itu, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate, Taib Jen mengatakan, uang tunggakan 450 ribu itu nanti dibicarakan lagi.

“Uang itu memang ada kesepakatan tertentu antara pihak sekolah dengan orang tua, tapi intinya ini bukan soal uang 450 ribu itu,” kata Taib, Selasa, 18 Juni 2023.

 

Ia mengaku bahwa pihak sekolah sudah memberikan Surat Keterangan Lulus (SKL) kepada Suci untuk mendaftar di sekolah lanjutan atau SMA. Namun saat mendaftar, dirinya tidak lulus.

“Jadi dalam video yang viral itu dia menangis karena tidak lulus di SMA N 1 Kota Ternate, bukan kaitannya dengan ijazah yang belum diambil di sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate,” tegasnya.

Taib bilang, pihaknya merasa kesal lantaran nama sekolah mereka dibawa-bawa dalam caption video yang diposting itu.

“Maka kami berharap agar pemilik atau pengguna akun @Nur196_6 yang juga guru di SMA N 1 Kota Ternate, meminta maaf ke pihak sekolah di media sosial, untuk membersihkan nama sekolah dan yayasan kami,” tandasnya.

____

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Dilaporkan Seorang Dokter, Ladies Karaoke Diperiksa Polsek Ternate Selatan