News  

Tagih Janji Ganti Lahan, Pemuda di Taliabu Ancam Robohkan Tower BTS

Para pemuda Desa Waikada Sula di lokasi bangunan tower BTS. Foto: La Ode Hizrat Kasim/cermat

Sejumlah pemuda di Desa Waikadai Sula, Pulau Taliabu, Maluku Utara, berencana merobohkan sebuah bangunan tower Base Transceiver Station (BTS).

Tindakan itu akan dilakukan lantaran Pemerintah Desa Waikada Sula belum menepati janjinya terkait ganti rugi lahan.

Salah satu pemuda, Rifai Kasman mengatakan, pemerintah desa berjanji bahwa lahan milik pemuda akan diganti setelah pembangunan tower BTS dirampungkan.

“Sampai saat ini Kades Waikadai Sula tidak mau bertanggung jawab atas kesepakatan perjanjian sebelumnya,” kata Kasman kepada cermat, Senin, 31 Juli 2023.

Ia bilang, lahan pemuda tersebut memiliki ukuran panjang sekitar 100 meter dan lebar 45 meter.

“Lahan itu diperuntukkan untuk lapangan sepak bola. Tapi kita usulkan untuk digantikan dengan lapangan Futsal. Namun tidak diindahkan, padahal janji kades dari 2021,” ujar Kasman.

Sementara Kepala Desa Waikadai Sula Lilis Mayau dikonfirmasi menolak jika bangunan tower BTS ini dibangun di atas lahan pemuda.

“Pemuda itu bicara terlalu plin-plan. Itu pemuda siapa yang memberikan informasi? jangan terlalu percaya pemuda, bicaranya sembarangan itu,” kata Lilis.

Ia menegaskan, lokasi yang dimaksud oleh para pemuda itu merupakan lahan milik pemerintah Desa Waikadai Sula.

“Itu kintalnya desa bukan lahan pemuda. Kalau masyarakat tahu masalah ini, pasti pemuda dimarahi. Daripada tower tidak ada yang bangun mending dibiarkan saja dibangun oleh pemerintah daerah,” tandasnya.

Mengenai perjanjian ganti lahan yang belum direalisasikan hingga kini, Lilis mengaku memang pernah mengatakan hal itu ke pihak pemuda.

“Mau realisasi seperti apa? mereka tahu dana desa itu tidak bisa dipakai untuk membeli lahan seperti itu. Kalau bisa saya sudah lakukan,” pungkasnya.

—————

Penulis: La Ode Hizrat Kasim

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  NIB di Kota Ternate Mangalami Peningkatan, Bahtiar: Pelaku Usaha Punya Kesadaran