Wali Kota Ternate Dijadwalkan Jadi Narasumber di Pekan Kebudayaan Nasional

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Sarif H. Sabatun. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman akan menjadi narasumber pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dan Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) di Jakarta selama 23-29 Oktober 2023.

Sebelumnya, pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Kebudayaan sudah menggelar Pra KKI pada 9 Oktober 2023 lalu di mana Ternate menjadi tuan rumah kegiatan bertaraf nasional tersebut.

“KKI sendiri pra-nya sudah dilaksanakan di Ternate kemarin, nanti di 23-29 Oktober nanti baru Kongresnya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Sarif H Sabatun kepada cermat, Rabu, 25 Oktober 2023.

 

Menurut Sarif, dipilihnya Ternate sebagai lokasi pra kongres kemarin lantaran kebudayaan Ternate secara regulasi sudah dinyatakan lengkap.

Hal ini mengacu pada dua Peraturan Daerah (Perda), yakni perda no 3 tahun 2023 tentang pemajuan kebudayaan dan perda no 4 tahun 2023 tentang pelestarian dan pemanfaatan cagar budaya.

Ia menyebut selain perda, Kota Ternate juga mempunyai Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) meski belum dilakukan pemuktahiran, “tetapi secara garis besar kita sudah punya PPKD itu, tinggal di tahun 2024 akan dilakukan pemutakhiran.”

Baca Juga: Kadisdik Ternate Tinjau Asesmen di SD Khatolik ST Theresia

“Ini dilihat dari regulasi dan semuanya sudah ada, maka Ternate terpilih sebagai lokasi pelaksanaan pra KKI kemarin, begitu juga dengan Wali Kota Ternate yang diberikan penghargaan oleh pemerintah pusat (Kementerian Kebudayaan) untuk mengisi materi,” ujar Sarif.

Sementara dalam agenda PKN nanti, kata Sarif, hanya ada dua kepala daerah yang diberikan kesempatan untuk menjadi pemateri yaitu Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Ternate.

“Gubernur DKI Jakarta mewakili pemerintah Provinsi se-Indonesia dan Wali Kota Ternate mewakili kabupaten/kota se Indonesia. Selanjutnya materi-materi itu akan dirampungkan untuk nantinya menjadi rekomendasi di KKI,” pungkasnya.

Baca Juga:  IWIP dan WBN Buka Beasiswa untuk Mahasiswa Halteng hingga Haltim

——–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni