News  

APBD Halmahera Utara Tahun 2024 Dievaluasi Gubernur

Ketua DPRD Halmahera Utara, Janlis Gehenua Kitong. Foto: Agus/cermat

Pemerintah Daerah dan DPRD Halmahera Utara tindaklanjuti pembahasan Angggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 setelah dievaluasi Gubernur Maluku Utara.

Ketua DPRD Halut Janlis Gehenua Kitong menyebutkan bahwa terdapat 21 item dalam APBD tahun 2024 yang dievaluasi Gubernur, salah satunya terkait dengan penyerapan APBD.

“Kita telah membahas secara bersama di DPRD terkait dengan hasil evaluasi Gubernur,” jelasnya, Jumat, 5 Januari 2024.

Hasil evaluasi tersebut mampu dijawab bersama dengan Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD). Terutama realisasi penyerapan anggaran tidak dihitung karena sangat minim sehingga dievaluasi untuk dilengkapi.

Sementara itu, hutang di dinas teknis harus menyampaikan ke keuangan sehingga dibuat pergeseran yang dipastikan akan dilakukan pada Januari akhir ini.

“Hal ini akan dilunasi karena sudah sepakat di TAPD. Tinggal dokumen memasukan dokumen ke keuangan kemudian ditindaklanjuti untuk adanya pergeseran. Dipastikan dokumen APBD yang sudah dievaluasi dan dibahas dipastikan akan dilihat dan ditindaklanjuti,” terangnya.

“Ketika masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati berakhir, kami juga sebagai DPRD tidak menginginkan kemudian meninggalkan luka tetapi semuanya harus terselesaikan,” imbuhnya.

—–

Penulis: Agus Salim Abas

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Kasatlantas: Puluhan Kendaraan di Kepulauan Sula Terjaring Operasi Patuh