News  

Disdik Temukan Sejumlah Kendala Saat Asesmen Tingkat SD di Ternate

Kantor Disdik Kota Ternate. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate, Maluku Utara menemukan sejumlah kendala saat pelaksanaan asesmen tingkat SD.

Kepala Disdik, Muslim Gani mengatakan, hari pertama asesmen tingkat SD, pihaknya sudah memantau beberapa sekolah untuk memastikan pelaksanaan asesmen.

“Kita memantau apakah ini berjalan atau tidak, maka semua panitia yang ada di Disdik diterjunkan untuk memantau jalannya pelaksanaan asesmen tersebut,” kata dia, Rabu, 25 Oktober 2023.

 

Muslim bilang, asesmen yang dimulai sejak 22 Oktober lalu ini merupakan gelombang pertama.

“Nanti pada tanggal 24-25 akan dilakukan gelombang kedua sampai 26 gelombang ketiga,” sebutnya.

Selama peninjauan asesmen, ada beberapa kendala yang ditemukan. Kendala itu berupa fasilitas laptop yang secara keseluruhan belum dimiliki para peserta bahkan pihak sekolah.

Baca Juga: Wali Kota Ternate Akan Jadi Narasumber pada Pekan Kebudayaan Nasional

“Jadi untuk sekolah-sekolah yang belum punya laptop itu ada inisiatif untuk mengunakan laptop dari pihak guru-guru yang ada di sekolahnya. Ada juga sekolah yang merger, menggunakan laptop dari sekolah yang punya laptop,” ujar Muslim.

“Karena SMP sudah selesai asesmen maka ada beberapa sekolah SD juga yang menggunakan lab komputer sekolah SMP untuk pelaksanaan asesmen,” sambungnya

Ia menuturkan, ini merupakan kendala-kendala yang dihadapi oleh beberapa sekolah di Ternate selama pelaksanaan asesmen dilakukan.

“Sehingga kita pastikan Insya Allah ke depan baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat akan melakukan pengadaan terhadap kebutuhan-kebutuhan itu, khususnya di bidang IT,” tandasnya.

——–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Ikram dan Faris Bobero Pimpin AJI Kota Ternate Periode 2022-2025