News  

Pemkot Ternate Targetkan 1000 Vaksin Anak

Kadinkes Kota Ternate, Maluku Utara, Nurbaity. Foto: Sar/Cermat

Pemerintah Kota Ternate Maluku Utara, mulai Senin (24/1), akan menggelar pencanangan vaksinasi sinovac kepada anak dengan usia 6-11 tahun, dipusatkan di SD RK, Ternate.

Kedinkes Kota Ternate Nurbaity Marsadjabessy menjelaskan pencanangan vaksinasi tahap awal ini, ditargetkan untuk seribu anak.

“Pencanangannya itu memang di SD RK, mungkin oleh 3 Puskemas. Sedangkan 5 Puskemas nantinya mobile di sekolah-sekolah. Target kita sebanyak seribu anak yang akan divaksin, dan mungkin bisa lebih dari itu,” ungkapnya, Kamis (20/1).

Menurut dia, skema pemberian vaksin terhadap anak tersebut, seperti halnya vaksinasi kepada orang dewasa dengan dosis rendah.

Hingga 6 bulan kemudian, vaksin ini akan dilanjutkan dengan dosis kedua, kemudian vaksinasi jenis booster untuk tahap ketiga.

Nurbaity bilang, orang tua tidak perlu kuatir mengingat pemberian vaksinasi ini merupakan kewajiban pemerintah dan tentu saja untuk kebaikan masyarakat.

“Prinsipnya kita dari Dinkes hanya berkewajiban siapkan tenaga medis untuk berikan vaksinasi. Soal merangkul atau pun pemberian pemahaman kepada orang tua dan siswa tentunya jadi tanggung jawab Dinas Pendidikan (Dinkes),” tandasnya.

Baca Juga:  Hilirisasi Nikel di Maluku Utara Terus Mengancam Ruang Hidup Warga