News  

Pererat Silaturahmi Lewat Turnamen Domino di Morotai

Menurut Danlanal, event tersebut tak hanya bersifat seremonial di mana para pemenang menjadi jawara dan membawa pulang hadiah, tetapi juga sebagai bentuk mempererat silaturahmi. Foto: Aswan Kharie/cermat

Permainan domino yang sering dijumpai di tempat nongkrong, lebih dari sekadar sebuah hiburan. Permainan ini juga diyakini dapat menguatkan hubungan silaturahmi antar sesama.

Hal itulah yang melatarbelakangi Letkol Laut (P) Mukawat Kamaruddin membuka turnamen domino dalam perhelatan Danlanal Cup tahun 2024 yang digelar di Cafe Jangkar Lanal Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu, 15 Juni 2024.

Turnamen tersebut diikuti 50 peserta selama dua hari pada 14-15 Juni 2024. Peserta merupakan perwakilan masyarakat, instansi pemda dan TNI-POLRI di Morotai.

Baca Juga:  Komitmen Desa Raja di Morotai Salurkan Bantuan Ketahanan Pangan: Kolaborasi Jadi Kunci

Menurut Danlanal, event tersebut tak hanya bersifat seremonial di mana para pemenang menjadi jawara dan membawa pulang hadiah, tetapi juga sebagai bentuk mempererat silaturahmi.

Danlanal Mukawat turut menyampaikan terima kasih kepada pihak pelaksana bersama sponsor Gudang Garam yang sukses menghelat kegiatan ini.

“Tentu saja ini bagian dari meningkatkan semangat sportifitas dan juga sebagai ajang silaturahmi baik dari masyarakat serta instansi pemerintah daerah, TNI-POLRI di Pulau Morotai,” ucapnya.

Baca Juga:  Peserta Pemilu di Halmahera Utara Diingatkan Tak Kampanye di Luar Jadwal

Dahulu, permainan domino, kata Danlanal, hanya dimainkan di waktu luang dan bahkan kerap disebut sebagai permainan judi. Ke depannya permainan domino akan menjadi Cabor yang diakui KONI karena merupakan olahraga otak yang memerlukan konsentrasi, strategi, kemampuan berpikir, dan seperti halnya catur serta permainan kartu bridge.

“Dan pastinya stigma buruk permainan domino akan hilang sejalan dengan ketatnya aturan main sesuai standar olahraga yang berlaku,” ujarnya.

Danlanal pun mengajak kepada seluruh peserta pertandingan agar tetap menjaga etika dan kesopanan selama bertanding dan menjunjung tinggi sportifitas dan integritas antarpemain.

Baca Juga:  Polda Maluku Utara Tetapkan 4 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Jalan Pariwisata Gunung Dukono

Perhelatan ini sekaligus dilakukan penyerahan hadiah untuk juara 1, 2 dan 3 pada turnamen domino.