News  

Satpolair Halut Sosialisasikan Pencegahan Tindak Pidana di Atas Kapal

Anggota Satpolair saat melakukan sosialisasi. Foto: Istimewa

Satpolair Polres Halmahera Utara melaksanakan sambang dan sosialisasi tentang pencegahan tindak pidana pencurian kepada kapten dan anak buah kapal (ABK) KM Rahmat Ilahi 03, Selasa, 16 Mei 2023.

Sosialisasi di atas kapal itu dilakukan anggota Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) di Pelabuhan Tobelo sesuai arahan Direktur Ditpolairud Kombes Pol Mugi Sekar Jaya. 

Dalam sosialisasi tersebut, Satpolair juga menyebarkan 2 nomor kotak, 082199213686 dan 082291374129 agar kapten atau masyarakat bisa menghubungi ketika ada peristiwa di laut.

Kasat Polair Polres Halmahera Utara, Iptu Thoha Alhadar kepada cermat mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada crew kapal. 

“Sehingga kapten apal membentuk atau mengaktifkan kembali piket jaga kapal guna mencegah terjadinya tindak pidana pencurian di atas kapal,” jelasnya.

Selain itu, tambah Thoha, agar mereka selalu mengutamakan keselamatan berlayar dengan memperhatikan cuaca, kondisi kapal, alat keselamatan, navigasi, dan muatan kapal yang sesuai dengan daya muat kapal.

“Jika ditemukan suatu peristiwa tindak pidana di atas kapal atau di perairan maka segera laporkan kepada personil Polairud Polres Halut,” pungkasnya.

——-

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  IDI Somasi Pemprov Malut dan RSCB, Tembusan Sampai ke KPK dan Presiden