News  

Seminar Bawaslu Halmahera Utara Serap Masukan dari Kalangan Muda

Gelaran Seminar Reformasi Birokrasi Bawaslu Halmahera Utara di Paddock Cafe. Foto: Agus/cermat

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Utara, Maluku Utara, menggelar Seminar Reformasi Birokrasi bersama sejumlah kalangan.

Seminar yang menggandeng mahasiswa hingga lembaga survei ini berlangsung di Paddock Kafe, Kamis malam, 21 Desember 2023.

Ketua Bawaslu Halmahera Utara Ahmad Idris mengatakan, seminar dilakukan sebagai upaya menyerap tanggapan masyarakat terkait kinerja Bawaslu selama Pemilu.

“Kita ingin meminta masukan dan tanggapan kinerja Bawaslu dalam mengawasi tahapan pemilu yang sedang berlangsung,” kata Ahmad kepada cermat, Jumat, 22 Desember 2023.

Di sisi lain, menurut Ahmad, pihaknya juga mendengarkan tanggapan terkait sejauh mana proses pengawasan, pencegahan dan pelanggaran Pemilu.

“Itu menjadi catatan dan masukan dari peserta, agar kekurangan yang ada di Bawaslu bisa diperbaiki ke depan,” ujarnya.

Melalui seminar ini, mahasiswa berharap Bawaslu Halmahera Utara lebih tegas dalam menangani dugaan pelanggaran di masa Pemilu 2024.

Baca Juga: KPK Diminta Dalami Keterlibatan Harita Group di Kasus Suap Gubernur

Mereka juga meminta Bawaslu memaksimalkan sosialisasi terkait kepemiluan hingga ke tingkat desa.

“Hal itu menjadi masukan mahasiswa agar masyarakat tingkat desa juga bisa mengetahui bagaimana proses pengawasan dalam setiap tahapan pemilu di wilayahnya masing-masing,” ucapnya.

Ahmad menambahkan, dari kegiatan ini, pihaknya berharap partisipasi warga terkait pengawasan pemilu bisa ditingkatkan. Ia juga mengajak agar masyarakat tak segan melaporkan pelanggaran pemilu.

——–

Penulis: Agus

Editor: Rian Hidayat

Baca Juga:  Mobil Ketua Pengadilan Agama Ternate Masuk Jurang, 3 Korban Dilarikan ke Rumah Sakit