News  

Viral: Beredar Video Bupati Halmahera Utara Frans Manery ‘Dola’ Massa Aksi Pakai Parang

Tangkapan layar video viral Bupati Frans kejar massa aksi pakai parang.

Video Bupati Halmahara Utara Frans Manery dola dan bubarkan massa aksi pakai parang, viral di media sosial. Jumat, 31 Mei 2024.

Dalam video berdurasi 1:08 menit itu, terlihat Frans mengejar massa aksi dan sempat memotong sound system di atas mobil pick up menggunakan parang. Mobil tersebut digunakan oleh pemuda dari GMKI untuk melakukan aksi.

Orang nomor satu di Halmahera Utara itu, juga sempat melakukan kejar-kejaran atau dola (dalam bahasa tempatan di Maluku Utara) terhadap massa aksi di seputaran hotel Green land, Tobelo. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Tonton: Bupati Halmahera Utara Frans Manery Bubarkan Massa Aksi Pakai Parang

Frans Manery ketika dikonfirmasi media di kediamannya mengatakan, ia sempat menegur massa aksi untuk kembali (pulang). Namun, katanya, massa aksi tidak hiraukan teguran itu.

“Saya so togor pe dorang, cuman dong pe ketua GMKI ini dia tambah orasi, jadi saya lebe bae ambel parang salawaku di mobil jadi dusu p dorang, karena tako jangan sampe dong pukul, apalagi tarada pengawalan dari pihak kepolisian,” ungkap Frans Manery.

Menurut Frans, tindakan yang diambil itu bukan atas nama bupati Halmahera Utara, karena tidak memakai atribut.

“Sekali lagi saya katakan, tindakan saya tadi itu bukan atas nama Bupati, tapi atas nama Pance,” tegas Pance, sapaan akrab Bupati Halmahera Utara.

Video Klarifikafi Bupati Halmahera Utara Frans Manery

Sekedar diketahui, massa aksi dari GMKI cabang Halut melakukan aksi protes terkait Pemda Halut mendatangkan beberapa artis di HUT ke-21 Kabupaten Halmahera Utara, yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2024. Sementara, menurut massa aksi, kondisi keuangan daerah sementara lagi defisit. Bahkan, masih banyak para kepala desa yang belum menerima gaji.

Baca Juga:  Hasby Yusuf Siap Perjuangkan 5 Poin Ini di DPD RI


Reporter: Agusalim Abas
Editor: Faris Bobero