Pulau Galo-Galo dan Ancaman Perubahan Iklim

Dampak perubahan iklim terhadap pulau kecil di Indonesia. Abrasi pantai di desa Galo-Galo, Kab. Pulau Morotai- Provinsi Maluku Utara. Foto: Sarfan Tidore

Indonsesia terdiri atas lebih dari 13.000 pulau dan sebagian besarnya merupakan pulau-pulau kecil. Pulau-pulau itu, kini menjadi ancaman serius perubahan iklim. Dampak paling ditakuti adalah tenggelamnya pulau-pulau kecil tersebut. Sudah banyak bukti menunjukkan bahwa perubahan iklim berdampak pada daratan pulau—akibat peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi.

Kepala Sub Direktorat Perubahan Iklim Badan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Sudhiani Pratiwi menjelaskan, perubahan iklim tak hanya berdampak pada kehidupan biota laut beserta perairannya. Namun juga, berdampak pada sosial-ekonomi masyarakat kawasan pesisir. Dalam hitungan 15 tahun ke depan, dampak tersebut akan mengakibatkan terjadinya kenaikan permukaan air laut sampai kenaikan gelombang pasang tak dapat diprediksi. Pada kurun waktu tersebut—Indonesia Timur diprediksi akan menjadi wilayah terparah yang kena dampaknya. (mongabay.co.id).

Baca Juga:  Pelajaran dari Tomalou