News  

Forum Mahasiswa Pascasarjana Minta Bawaslu-KPU Antisipasi Jual-Beli Suara

Ketua Forum Mahasiswa Pascasarjana Halmahera Tengah, Alnugransyah Asri mengatakan, perlu ada pengawalan dari semua elamen untuk memantau jalannya rekap cepat yang sudah dilakukan. Foto: Istimewa

Forum Mahasiswa Pascasarjana di Halmahera Tengah, Maluku Utara meminta Bawaslu dan KPU fokus mengantisipasi praktik jual-beli suara pada babak akhir Pemilu 2024.

Hal ini mengingat satu minggu sudah proses Pemilu berlangsung di mana pungut-hitung suara per TPS berjalan dan sebagian besar sudah melakukan pleno kecamatan.

Baca Juga:  Terungkap! Puluhan Nakes RSUD Chasan Boesoirie Ternyata Belum Menerima Tukin Selama 2 Bulan

Ketua Forum Mahasiswa Pascasarjana Halmahera Tengah, Alnugransyah Asri mengatakan, perlu ada pengawalan dari semua elamen untuk memantau jalannya rekap cepat yang sudah dilakukan.

Menurutnya, dalam banyak kasus yang ditemukan, jual-beli suara untuk mendongkrak suara calon lain kerap terjadi dalam detik-detik menentukan kemenangan politik.

Baca Juga:  Polsek Mangoli Barat Matangkan Personil Pengamanan Pemilu

“Saksi perseorangan atau partai politik saling mengawal suara dan memastikan suara tidak bisa dikelabui dan hilang dalam rekapan,” ujar Alnugransyah kepada¬†cermat, Rabu, 21 Februari 2024.

Penulis: Tim CermatEditor: Rian Hidayat