News  

Tertunda, Sekda Ternate Pastikan Gaji ASN Dibayar Pekan Depan

Sekretaris Kota Ternate Rizal Marsaoly. Foto: Muhammad Ilham/cermat

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate Rizal Marsaoly memastikan gaji ASN yang tertunda akan dibayarkan mulai pekan depan ini.

Rizal menyebut bahwa keterlambatan pembayaran gaji ASN memang sudah biasa terjadi terutama di awal tahun anggaran. Ia pun memastikan hak abdi negara itu segera dituntaskan.

“Karena itu, sekarang kita sedang dalam persiapan sistem atau aplikasi tentang pembayaran gaji,” kata Rizal, Jumat, 12 Januari 2024.

Rizal bilang, sistem yang saat ini sedang dipersiapkan adalah SIPD RI yang merupakan sistem informasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pelaporan keuangan pemerintah daerah yang terintegrasi.

 

Karena itu, kata dia, peralihan sistem yang dilakukan Kemendagri ini mulai dari Simda, SIPD hingga ke SIPD RI masih butuh penyesuaian.

“Menurut saya aplikasi ini (SIPD) belum siap untuk diterapkan di seluruh Indonesia. Karena hampir seluruh kepala daerah mengalami hal yang sama. Sehingga kita tidak boleh terjebak dengan ini (SIPD RI), harus ada langkah-langkah yang tepat perlu kita ambil,” tuturnya.

Ia mengaku sudah meminta BPKAD Kota Ternate agar ke Kemendagri untuk mempelajari sistem tersebut secara langsung.

Rizal menyebut ada kemungkinan pembayaran gaji bisa dilakukan secara manual sembari menunggu penyelesaian pada sistem SIPD-RI.

“Tapi untuk gaji sesuai informasi dari Kaban BPKAD, sudah harus dibayarkan Minggu depan,” pungkasnya.

——–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Baca Juga:  Gegara Dokumen Tak Siap, Pemkot Ternate Gagal Dapatkan DAK 15 Miliar